Home / Bandar Lampung / BIROKRASI / NASIONAL

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:28 WIB

10 Bakal Cagub Lampung Berebut Rekomendasi Parpol

Oplus_131072

Oplus_131072

BANDARLAMPUNG – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung bakal digelar pada 27 November mendatang. Sampai saat ini, setidaknya ada 10 bakal calon Gubernur (bacagub) Lampung yang sudah menunjukkan keseriusannya.

Hal itu dibuktikan dengan mengambil dan mengembalikan formulir penjaringan di sejumlah partai politik (parpol). Parpol parlemen di Lampung yang melakukan penjaringan terbuka di antaranya PDIP, Nasdem, PAN, Demokrat.

10 Bacagub itu adalah petahana yang juga Ketua Golkar Lampung Arinal Djunaidi, Anggota DPR RI dari Golkar Hanan A Rozak, politisi senior Golkar Alzier Dianis Thabranie, Ketua Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal, dan Ketua Nasdem Lampung Herman HN.

Selanjutnya, mantan Bupati Tulang Bawang Umar Ahmad, mantan caleg DPR RI dari PDIP Nuriah Bastari, tukang kayu Riswan Mura, mantan Wakil Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar, dan pengacara Bambang Handoko.

Baca Juga  Pj Qudrotul Ikhwan Hadiri Paripurna Raperda APBD TA 2023

Dari daftar di atas, hampir semuanya mendaftar di PDIP, Nasdem, PAN, Demokrat yang membuka penjaringan terbuka. Alzier hanya mengambil di Demokrat dan PAN, dia menyatakan langsung enggan mendaftar di PDIP dan Nasdem.

Arinal tidak mengambil formulir di Nasdem. Rahmat Mirzani Djausal sudah mengambil di Nasdem, PAN dan Demokrat. Dia sudah dijadwalkan mengambil formulir penjaringan di PDIP dalam waktu dekat.

Herman HN tidak mengambil formulir PDIP sementara Nuriah Bastari hanya mengambil formulir di PDIP.

Selain 10 Bacagub, ada 4 bacawagub yang juga akan berebut rekomendasi parpol. Mereka adalah Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Irfan Nuranda Djafar, Ketua Demokrat Lampung Edy Irawan, Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, dan aktivis Abu Hasan.

Sekretaris Tim Penjaringan PDIP Lampung Apriliati mengatakan, nama-nama yang mendaftar ke PDIP akan mengikuti fit and proper test di Lampung. Tetapi soal rekomendasi, seluruh keputusan ada di DPP PDIP.

Baca Juga  Awal Maret Melandai, Pj Bupati Tubaba Berhasil Turunkan Inflasi Hingga 52 Persen

“Finalnya nanti tetap keputusan DPP, kami hanya menjaring,” kata Apriliati.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Penjaringan Nasdem Lampung Rakhmat Husein DC. Dia mengatakan, Nasdem sudah selesai melakukan penjaringan yang dimulai 1-7 Mei 2024. Pihaknya juga sudah melakukan pleno tingkat wilayah membahas nama-nama yang akan dibawa ke pusat.

“Hasilnya ada 7 Bacagub yakni Herman HN, Umar Ahmad, Hanan A Rozak, Rahmat Mirzani Djausal, Yusuf Kohar, Bambang Handoko, dan Riswan Mura,” kata dia.

Selanjutnya, ada dua bacwagub yang namanya disetor ke pusat yakni Ketua DPD Demokrat Edy Irawan Arief, dan Wasekjend DPP PAN Irfan Nuranda Djafar. (Maulana)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

M. Firsada : Manfaatkan Dialog Untuk Tingkatkan produksi Pertanian di Tubaba

NASIONAL

Lokakarya Moderasi Beragama, M. Firsada Minta Jaga Kerukunan Antar Umat

ADVERTORIAL

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemkab Tubaba Gelar Gerakan Pangan Murah

NASIONAL

Buka Rembuk Sunting, M. Firsada : “Angka Prevalensi Stunting di Tubaba Berangsur Menurun

BIROKRASI

Edward Hutahaean Diduga Terima Uang Rp 15 Milyar dari Terdakwa Kasus Korupsi BTS Kominfo

NASIONAL

Pastikan Kesiapan Pemilu Pj. Bupati Tubaba dan Forkompimda tinjau beberapa TPS

NASIONAL

Diduga Kakam Karya Makmur dan Gedung Rejo Sakti Lepas Tanggung Jawab dalam Pembagian Publikasi

NASIONAL

Tim Basket Tubaba Raih Juara 3 Kejurprov Lampung