Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Senin, 18 Maret 2024 - 11:42 WIB

Awal Maret Melandai, Pj Bupati Tubaba Berhasil Turunkan Inflasi Hingga 52 Persen

TUBABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Drs. M. Firsada, M.Si. berhasil menekan laju inflasi daerah hingga memasuki pekan kedua bulan Maret 2024.

M. Firsada mengatakan, inflasi daerah dikendalikan bahkan melandai dari data bulan Februari 2024 yang tercatat diangka 4,004 hingga turun drastis 52,05 persen, yakni diangka 1,920 pada Maret 2024.

“Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir Februari 2024, Kabupaten Tubaba sempat naik diangka inflasi sebesar 4,004 dengan andil penyebab terbesar dari kenaikan harga komuditi yakni cabai merah (2,281), beras (0,86) dan daging sapi (0,3). Dimana minggu ketiga Februari 2024 menurun menjadi 3,142 hingga pada minggu kedua Maret awal puasa turun menjadi 1.920,” kata Pj Bupati.

Baca Juga  Tubaba Raih Penghargaan APE dan KLA dari Kementerian PPPA

Penurunan laju inflasi tersebut menjadi bukti keberhasilan M. Firsada merealisasikan salah satu program prioritas yang dibawanya sejak memimpin di Kabupaten Tubaba.

“Keberhasilan menekan laju inflasi ini tidak lepas dari kerjasama seluruh stakeholders, Forkopimda, dan Perum Bulog yang menjadikan inflasi fokus masalah yang harus cepat diselesaikan. Kita secara bersama telah melakukan langkah-langkah pemantauan harga bahan pokok, memastikan stok terdedia, distribusi/pasokan lancar dan berkomunikasi dengan pihak pemasok pada Pasar Tradisional,” ujarnya.

Salah satu yang saat ini terus digalakan Pemkab Tubaba adalah intens membawa program pasar murah di setiap kecamatan, melakukan intervensi pasar, tebus murah dan menyalurkan bantuan sosial kepada masayarakat kurang mampu di Tubaba.

Baca Juga  13 Tersangka Korupsi BTS 4G Kominfo, Edward Hutahaean

“Setelah dilakukan operasi pasar, diantaranya di Tiyuh/Desa Mulyo Asri, dan Pulung Kencana berupa beras 30 ton, minyak Goreng 300 liter, dan tepung terigu 350 kg. Harga komoditi tersebut berangsur turun. Tentunya kedepan kita akan lebih serius lagi menekan inflasi daerah, apalagi menjelang Idul Fitri nanti, Insya Allah ini akan terus menjadi perhatian kami kedepannya.”

“Pengendalian Inflasi merupakan amanat Menteri Dalam negeri yang setiap hari Senin di evaluasi sejauh mana upaya Pemerintah Daerah melakukan Pengendalian Inflasi, alhamdulillah di Tubaba ini antara suply dan permintaan tidak terlalu timpang, sehingga harga sembako relatif stabil,” pungkasnya. (ilham) 

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Safari Ramadhan, Pererat Ukhuwah Antara Masyarakat Dengan Pemerintah

NASIONAL

Sekda Tegaskan Pemkab Tubaba Berkomitmen Berantas Korupsi

BIROKRASI

Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro Jaya

NASIONAL

Lewat Seminar, M. Firsada Harap Pengurus Masjid Lebih Memahami Digitalisasi Masjid dan Pentingnya BPJS-K

NASIONAL

M. Firsada : Manfaatkan Dialog Untuk Tingkatkan produksi Pertanian di Tubaba

NASIONAL

Sambut HUT ke-27 Pemkab Tuba Adakan Festival Megow Pak Mengusung Tradisi khas Tulang Bawang

Lampung

Pemkab Tubaba Beripenghargaan Kepada Sejumlah ASN

NASIONAL

M. Firsada Bacakan Pidato Mendikbudristek Peringati Hardiknas 2024