Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Jumat, 19 April 2024 - 06:47 WIB

Cegah Stunting, Pemkab Tubaba Beri Bantuan Jambanisasi kepada masyarakat

TUBABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) memberikan bantuan jamban sehat atau jambanisasi bagi masyarakat di Tiyuh/Desa Gunung Menanti, Kecamatan Tumijajar, pada Kamis (18/04/2024).

Bantuan jambanisasi ini merupakan sebuah program Gerakan Seribu Jamban yang dilakukan Pemkab Tubaba sebagai salah satu inovasi untuk mencegah stunting di wilayahnya.

Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, berharap program ini dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sehingga dapat meningkatkan kondisi sanitasi dan derajat kesehatan masyarakat sebagai upaya pencegahan stunting.

“Masalah sanitasi juga punya sumbangsih terhadap kualitas kesehatan, jika sanitasi lingkungan rumah baik, maka derajat kesehatan masyarakat semakin baik,” kata M. Firsada.

Dia menjelaskan bahwa program tersebut sangat penting dalam salah satu upaya pencegahan stunting di wilayahnya.

“Stunting merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan anak-anak. Oleh karena itu, gerakan seribu jamban ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat kita,” ungkap dia.

Baca Juga  Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro Jaya

Dengan adanya program ini, sambung M. Firsada, kita bisa memastikan bahwa setiap keluarga memiliki akses terhadap fasilitas sanitasi yang layak, sehingga mengurangi risiko penularan penyakit dan meningkatkan kondisi kebersihan lingkungan.

“Dengan memiliki jamban yang sehat, kita dapat mencegah masalah kesehatan yang dapat menyebabkan stunting pada anak-anak,” imbuhnya.

Melalui gerakan ini, kita juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sanitasi dan kebersihan lingkungan.

“Dengan kesadaran akan pentingnya jamban bersih, diharapkan masyarakat akan lebih mudah menerapkan kebiasaan hidup sehat dan menjaga kesehatan keluarga mereka,” harapnya.

Selain itu, melalui partisipasi aktif masyarakat dalam gerakan seribu jamban, kita juga dapat membangun rasa kebersamaan dan solidaritas di antara warga.

“Dengan bersama-sama membangun jamban yang layak, kita tidak hanya menjaga kesehatan individu tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang,” terangnya.

Baca Juga  Paripurna Istimewa HUT Ke-15 Tubaba, Pj Bupati Sampaikan Capaian Prestasi

Di kesempatan itu, M. Firsada mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, hingga masyarakat luas untuk bersatu dalam mewujudkan gerakan seribu jamban ini.

“Dengan kerjasama yang baik, saya yakin kita dapat mencapai tujuan bersama untuk mencegah stunting dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak kita.” ungkapnya.

Dia berharap gerakan seribu jamban ini dapat menjadi langkah awal menuju perubahan yang lebih baik dalam upaya mencegah stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Tubaba.

“Mari kita bergandengan tangan untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Diketahui, dalam melakukan gerakan seribu jamban tersebut Pemkab Tubaba bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) setempat. (Ilham)

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

PT. Cahya Bagus Mandiri Sebut Pabrik CPO Sudah Lengkapi Izin

NASIONAL

Pimpin Upacara Harkitnas ke-116, M. Firsada Sampaikan Pidato Menkominfo RI

NASIONAL

Buka Asistensi Penyusunan LPPD 2023, Sekda Tegaskan Kualitas dan Akurasi Informasi Harus Jadi Fokus Utama

NASIONAL

Secara bertahap MPP Tubaba akan Perbaiki Layanan Publik

ADVERTORIAL

Pj Tuba Terima Kunjungan PUG dan Kadis PPPA Provinsi

NASIONAL

Pj Bupati M. Firsada Melepas Pendistribusian Logistik Pemilihan Umum Tahun 2024

NASIONAL

Kembali Lakukan Aksi Sosial, Geber Tubaba Bagi Bingkisan Sehat Di Tiyuh Kagungan Ratu

ADVERTORIAL

Qudrotul Ikhwan, Beripenyuluhan Kepada Siswa-siswi SMA 1 Menggala Hindari Narkoba