Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Kamis, 1 Februari 2024 - 22:10 WIB

M. Firsada Membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Lambu Kibang

TUBABA – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si. membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Lambu Kibang.

Dengan tema “Peningkatan SDM yang Adaptif dan Inovatif Dalam Mendukung Produktivitas Daerah”, kegiatan tersebut diikuti seluruh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubaba dan dihadiri seluruh kepala tiyuh dan Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) se-kecamatan, yang berlangsung di Balai Tiyuh/Desa Kibang Budi Jaya. Kamis (01/02/2024).

Dalam arahannya, Pj. Bupati M. Firsada mengatakan, kegiatan Musrenbang merupakan program tetap yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan.

Baca Juga  Pimpin Apel Siaga dan Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, M. Firsada : Pemilu Bukan Ajang Untuk Konflik

“Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan secara berjenjang, yang dimulai dari tingkat tiyuh, kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi dan pusat. Hal tersebut sudah diatur didalam perencanaan pembangunan daerah,” ucapnya.

Berbicara pembangunan, sambung Firsada, tentu saja tidak lepas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahunnya di anggarkan dan APBD Kabupaten Tubaba pada tahun 2024 ini sebesar 928,048 miliar.

“Tentunya dengan jumlah APBD tersebut masih belum bisa mencukupi semua kebutuhan pembangunan, meski Pemda Tubaba telah berupaya melaksanakan anggaran sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial dan penguatan perekonomian daerah serta dalam masalah kerukunan dan keagamaan,” ujarnya.

Baca Juga  Pj Bupati Tubaba Lakukan Ziarah Ke Makam Raja-raja Di Tiyuh Pagar Dewa

“Karena terbatas ini kita harus membuat prioritas, mana yang mendesak dan mana yang urgen. Untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas, pemerintah sudah menetapkan mandatory spending atau belanja wajib. Belanja wajib yaitu berupa kesehatan, pendidikan, infrastruktur,” pungkasnya. (ilham) 

Share :

Baca Juga

BIROKRASI

Harta Kekayaan Mantan Gubernur Sumsel Naik 268.87 Menurut Data LHKPN

NASIONAL

Hadiri Pemusnahan BB Inkracht, AKBP James: Salah Satu Wujud Sinergitas CJS

BIROKRASI

Jokowi Beberkan, Tenteng Kertas Soal Presiden Boleh Kampanye

Bandar Lampung

Pelaku Curat yang Menabrak Anggota Polri di Pesisir Barat, Berhasil diamankan Polda Lampung

NASIONAL

Posyandu Melati 3 Kartaraharja Raih Juara 3 Lomba Kreasi Menu MPASI se-Lampung

BIROKRASI

6 Daftar Calon Pilgub di Sumsel Tahun 2024

HUKUM KRIMINAL

PN Jaksel Tak Terima Praperadilan Firli Bahuri di Kasus Pemerasan SYL

NASIONAL

Pj. Bupati Tubaba menghadiri Serah Terima Jabatan Camat Pagar Dewa dan Tumijajar