Home / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Senin, 1 April 2024 - 23:07 WIB

Menjelang Lebaran, Dishub Tubaba Mulai Cek Kelayakan Bus Yang Beroperasi Diwilayah Tubaba

TUBABA – Menjelang arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Tubaba mulai melaksanakan pengecekan kondisi bus atau angkutan umum yang beroperasi di Wilayah Tubaba. Senin (01/04/2024).

Kepala Dishub Tubaba, Ahmad Zulkifly, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para perusahaan otobus yang beroperasi di Wilayah Tubaba agar dapat memeriksa kesiapan dan kelayakan bus yang akan digunakan saat arus mudik lebaran.

“Secara teknis dilakukan rampchek atau inspeksi kendaraan terhadap bus-bus yg beroperasi diwilayah Tubaba,” kata Ahmad Zulkifly.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran masa mudik lebaran tahun ini, Dishub Tubaba juga telah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Lampung dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung terkait inspeksi keselamatan angkutan lebaran.

Baca Juga  Hanita Firsada Pimpin Rakor TP PKK 2024

“Kami harap bus dan angkutan umum lainnya yang tidak layak jalan dilarang beroperasi,” ujarnya.

Ahmad Zulkifly berpesan, agar masyarakat yang akan melakukan mudik dapat menggunakan angkutan umum yang telah diberi logo Inspeksi keselamatan oleh Kementerian Perhubungan atau Dinas Perhubungan.

Dan tidak disarankan terhadap masyarakat yang akan melakukan mudik jarak jauh menggunakan kendaraan sepeda motor untuk mengurangi resiko kecelakaan. Bagi masyarakat yang akan menggunakan kendaraan pribadi, dapat terlebih dahulu mempersiapkan dan memeriksa kelayakan kendaraanya sebelum digunakan.

“Kami sarankan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik jarak jauh tidak menggunakan sepeda motor, hal ini untuk mengurangi angka kecelakaan. Kalaupun terpakasa harus menggunakan sepeda motor, tidak diperbolehkan berpenumpang lebih dari satu orang saja, serta tidak melakukan perjalanan pada malam hari untuk menjaga terjadinya kejahatan pada saat malam hari,” ungkapnya.

Baca Juga  Sambut Ramadhan, Pemkab Tuba Gelar Acara Pengajian dan Doa Bersama

Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh pemilik angkutan umum, dan masyarakat, untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan.

“Dan para sopir saat dijalan jangan ugal ugalan, apalagi terkadang terjadi hujan harus berhati-hati. Kepada para pemudik untuk waspada kalau bepergian. Apabila pemudik yang kelelahan dapat melakuakan istirahat pada posko-posko pelayanan dan pengamanan angkutan lebaran yang telah disiapkan oleh pemerintah, relawan atau pihak swasta,” pungkasnya. (ilham) 

Share :

Baca Juga

BIROKRASI

Ketua KPK Firli Bahuri di Tetapkan Jadi Tersangka Gratifikasi

NASIONAL

Pemkab Tuba Salurkan Bantuan Beras Sebanyak 30.883

BIROKRASI

Yusril Ihza Mahendra, Dukung Prabowo dalam Pilpres 2024

NASIONAL

Tubaba Raih Penghargaan APE dan KLA dari Kementerian PPPA

ADVERTORIAL

Pemkab Tubaba Salurkan Bantuan Beras Periode November Tahap II

NASIONAL

Plt Kadis Kominfo Koreksi Berita Soal Anggaran Media, PJ Bupati Tuba jangan Cuek

NASIONAL

Tahap Kedua Pemkab Tubaba Kembali Salurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

ADVERTORIAL

Herlinawati Hantarkan Provinsi Lampung Masuk 5 Besar Se-Indonesia Dalam Parade Lagu Daerah Tingkat Nasional