Home / EKONOMI / NASIONAL / Tulang Bawang Barat

Rabu, 29 Mei 2024 - 19:23 WIB

Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W, lebih kepada pembinaan kepada PKK Kecamatan dan Tiyuh

TUBABA Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)/Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si menghadiri, Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W, di Aula Kecamatan Tulang Bawang Udik, Tubaba, Rabu (29/5/2024).

Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W (Kandang Kebun Kolam dan Wisata) tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 15 Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Penilaian (Evaluasi) Program PKK oleh Tim Penilai Kabupaten Tulang Bawang Barat dilakukan di 9 Kecamatan yang ada di Tubaba, dalam rangka lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K31W.

“Penilaian ini sebenarnya lebih ke pembinaan, bagaimana program PKK yang ada di kecamatan dan tiuh dijalankan, secara sinergis antara Ketua Penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan anggotanya, secara bersama-sama tidak hanya dilakukan sendiri oleh Ibu camat atau Ibu Keppalo Tiyuh.” ujar Hanita dalam sambutannya.

Baca Juga  Peresmian RSIA Pertama di Tubaba Oleh Pj. Bupati M FIRSADA

Penilaian dimaksud, lanjut Hanita melihat bagaimana sinergitas antara penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan kordinasi dengan PKK Kabupaten.

Dikatakan Hanita, Tim Penilai telah memantau K3W di Tiyuh Gading Kencana
yang menurutnya telah lama dilakukan oleh PKK Gading Kencana, dengan memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam sayuran untuk keluarga.

“Yang kita harapkan dari K3W ini lebih kepada pemberdayaan, bagaimana PKK Tiyuh juga bisa memanfaatkan hasil kebun dipekarangan warga untuk mencegah Stunting, dengan diberikan kepada Balita yang ada di Tiyuh setempat” terangnya lagi.

Diketahui, Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W ini bertujuan untuk pembinaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan inovasi pencapaian 10 Program PKK di Kecamatan, pemberdayaan masyarakat serta pemberdayaan keluarga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan peningkatan kinerja Penggerak PKK Kecamatan dan Tiyuh.

Baca Juga  Pj Bupati Sulpakar Tinjau Operasi Pasar Murah Simpang Pematang Mesuji

Sementara ditempat yang sama Ketua Penggerak PKK Kecamatan Tulang Bawang Udik Umi Kalsum mengatakan dari 13 Tiyuh yang ada di Tulang Bawang Udik, semuanya memiliki K3W, namun dalam penilaian ini, PKK Kecamatan Tulang Bawang Udik, memilih Tiyuh Gading Kencana.

“Kami pilih Tiyuh Gading Kencana sebagai obyek penilaian karena warga Gading Kencana sudah sejak lama berkebun di pekarangannya. Bukan karena setelah adanya program K3W.” ujar Ummi Kalsum menjelaskan.

Ketua Penggerak PKK Kecamatan TBU ini juga mengatakan, 13 Tiyuh di Kecamatan TBU telah memiliki UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).

“Hanya saja yang saya ikutkan dalam penilaian dalam Lomba UP2K ini dipilih 4 (empat) Tiyuh, Gedong Ratu (kerajinan anyaman Tikew), Kagungan Ratu, Ratu Agung dan Tiyuh Marga Kencana.” pungkasnya. (ilham)

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

Pelaku Curat yang Menabrak Anggota Polri di Pesisir Barat, Berhasil diamankan Polda Lampung

NASIONAL

Pemkab Tuba Adakan Lomba Mancing Dalam Rangka Meriahkan HUT ke-27 Tahun

NASIONAL

Ketua AWPI Tubaba Mengecam Keras atas Nasib yang Menimpa Jurnalis Bernama HOLIDI

ADVERTORIAL

Ketua PKK Herlinawati Qudrotul, Hadiri Hari Jadi Dharma Wanita Persatuan Ke-24

NASIONAL

Kunker Ke Tubaba, Gubernur Arinal Lakukan Restocking Ikan Di Sungai Wai Kiri Pagar Dewa

NASIONAL

Pemkab Tuba Salurkan Bantuan Beras Sebanyak 30.883

Lampung

Polres Tulang Bawang Barat Gelar Patroli Black Out Akibat Pemadaman Listrik

NASIONAL

Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Tubaba Dra. Bayana. M.Si Membuka Musrenbang Kecamatan Gunung Agung