Home / NASIONAL / Tulang Bawang

Kamis, 7 Maret 2024 - 07:50 WIB

Sambut HUT ke-27 Pemkab Tuba Adakan Festival Megow Pak Mengusung Tradisi khas Tulang Bawang

TULANGBAWANG – Kabupaten Tulangbawang memasuki tahun ke-27 sejak berdirinya, dan pemerintah daerah (Pemda) setempat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) dengan semarak, salah satunya melalui Festival Megowpak yang bertajuk “Muli Menghanai Betulung Di Gawei”.

Acara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guru, anak-anak SD dan SMP, serta anggota Komunitas Seni Budaya Menggalow (KSBM), memberikan warna dan kegembiraan di tengah masyarakat Tulangbawang.

Qudrotul Ikhwan, dalam sambutannya, menyampaikan salam selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung beserta rombongan di Kabupaten Tulangbawang yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur,” ujar Qudrotul Ikhwan dengan ramah.

Ia juga mengungkapkan kebahagiaannya atas partisipasi seluruh peserta Festival Megowpak, yang menurutnya, membuat acara ini lebih meriah dan memperkuat tali silaturahmi. Festival Megowpak sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT Tulangbawang ke-27.

Baca Juga  M. Firsada Apresiasi Perjuangan Ponpes Darul Hidayah Al-Anshori Dalam Pendidikan Al-Quran

“Kami merasa sangat terhormat atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-27 Kabupaten Tulangbawang. Kehadiran Bapak/Ibu tentu membuat Festival Megowpak berlangsung lebih meriah dan mempererat silaturahmi antar-daerah,” paparnya dengan penuh antusiasme.

Qudrotul Ikhwan juga menyoroti potensi besar Kabupaten Tulangbawang, didukung oleh letak geografis yang strategis. Ia menegaskan bahwa semua potensi tersebut akan dimaksimalkan, terutama dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Tradisi zaman dahulu, seperti yang diwakili oleh Festival Megowpak, mungkin sudah mulai berkurang di era modern ini. Oleh karena itu, kami mengupayakan pelestariannya melalui festival ini. Selain memperkenalkan tradisi kepada generasi muda, kegiatan ini juga akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan,” tambahnya.

Baca Juga  Kolonel Sus Ahmad Yani, SH.,MT Sah, Kembalikan Berkas Pendaftaran ke PKB Tuba

Qudrotul Ikhwan berharap semangat gotong royong yang terpancar dalam Festival Megowpak bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah. Dia menekankan pentingnya sinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat, sembari berharap cita-cita mewujudkan Tulangbawang sebagai Kabupaten Udang Manis dapat tercapai.

“Semoga semangat gotong royong yang terjadi dalam tradisi ‘Muli Menghanai Berukung Di Gawei’ dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah untuk selalu berusaha yang terbaik bagi masyarakat, sekaligus menambah motivasi untuk semakin menjalin sinergi dengan pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat. Dengan harapan, Tulangbawang dapat menjadi Kabupaten Udang Manis yang kita cita-citakan,” pungkasnya dengan optimisme. (*) 

Share :

Baca Juga

NASIONAL

M. Firsada Apresiasi Perjuangan Ponpes Darul Hidayah Al-Anshori Dalam Pendidikan Al-Quran

ADVERTORIAL

Qudrotul Ikhwan Hadiri Penutupan PRL Tahun 2023

NASIONAL

Buka Musrenbang Di Way Kenanga, Bayana Sampaikan Arahan Pj Bupati Tubaba

NASIONAL

AKBP James H Hutajulu Resmi Menjabat Sebagai Kapolres Tulang Bawang, Berikut Profil Singkatnya

NASIONAL

Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Sungai kalimring Wonokerto

NASIONAL

Dinas Perkim Tuba Realisasikan Bantuan Bedah Rumah di Rawa Jitu

ADVERTORIAL

Pemkab Tubaba Salurkan Bantuan Beras Periode November Tahap II

NASIONAL

Pj Bupati Tubaba M. Firsada Buka Bersama Masyarakat Kecamatan Lambu Kibang